Senin, 17 Oktober 2011

Devil Wears Prada

Devil Wears Pradaah sebuah film yang mengangkat tema tentang dunia kerja, sangat cocok untuk usia 20an yang baru beranjak memulai karirnya. Banyak hal yang memang benar-benar terjadi dalam hal ihwal tentang pekerjaan. Salah satunya adalah mengenai kompetensi. Kita dituntut untuk bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu atau deadline yang sudah ditentukan. Hal ini dialami oleh pemeran utama di film ini yaitu Andrea Sach yang baru saja menyelesaikan studinya dan kemudian diterima bekerja sebagai asisten pemilik majalah Runaway yaitu Miranda Priestel. Andrea dituntut untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang diperintahkan oleh Miranda, dan Andrea selalu berusaha untuk profesional dalam menyelesaikan segala tugasnya sebagai asisten kedua setelah Emily.

Karena bekerja di sebuah majalah fashion yang terkenal, maka Andreapun juga dituntut untuk berpenampilan layaknya model-model yang selalu fashionable setiap saat. Saat itulah dia mencoba merubah penampilannya dengan bantuan Nigel yang juga karyawan Runaway. Andrea yang sebelumnya adalah gadis sederhana yang biasanya mengenakan pakaian apa adanya sudah berubah menjadi asisten junior yang modis.

Ada hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang atasan kepada bawahannya yang dilakukan oleh Miranda sebagai atasan yaitu dia tidak bisa membatasi yang mana urusan bisnisnya dan yang mana urusan pribadinya. Banyak kebutuhan pribadi Miranda seperti membelikannya makan siang, mencarikan naskah buku Harry Potter yang belum terbit, mencarikannya lemari laci, dan sebagainya.

Ternyata perlakuan itu tidak dilakukan Miranda kepada asistennya saja. Bahkan kepada keluarganya dia juga tidak mampu membagi waktu secara profesional. Kapan seharusnya dia bersikap sebagai bos, kapan sebagai seorang ibu dan seorang istri. Hingga beberapa kali dia menikah dan beberapa kali pula suaminya menceraikannya. Ini akibat karena sikap Miranda yang tidak bisa menempatkan dirinya secara profesional. Hal ini juga dialami oleh Andrea, tetapi Andrea lebih dikarenakan terpaksa melakukan hal itu karena dia harus melaksanakan tugas-tugas yang diembankan kepadanya sebagai seorang asisten. Banyak urusan pribadi Andre yang akhirnya dikesampingkan demi pekerjaannya.

Pada akhirnya Andrea merasa dia tidak nyaman dengan pekerjaan yang dilakoninya lalu mengundurkan diri dan memilih pekerjaan lain.

Tidak ada komentar: